Home / Pendidikan

Rabu, 21 September 2022 - 15:56 WIB

Festival Literasi Upaya Tumbuhkan Budaya Membaca dan Menulis

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas Samekto Hadi Suseno foto bersama usai pembukaan Festival Literasi, Selasa (13/9/2022).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas Samekto Hadi Suseno foto bersama usai pembukaan Festival Literasi, Selasa (13/9/2022).

Sambas Times. Festival Literasi yang di gelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sambas, 13 September 2022 lalu bertujuan untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis.

Literasi sangat banyak manfaatnya, salah satunya dapat melatih diri terbiasa dalam membaca, serta dapat membiasakan guru menyerap informasi yang dibaca dan dirangkum dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

“Festival literasi merupakan
penyusunan karya tulis ilmiah yang dilakukan guru untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila, hal ini sejalan dengan Visi Kabupaten Sambas, mewujudkan Sambas yang Beriman, Kemandirian, Maju dan Berkelanjutan untuk Mewujudkan Sambas Berkemajuan,” kata Kadisdikbud Kabupaten Sambas Samekto Hadi Suseno, Rabu (21/9/2022).

Menurutnya, implementasi elemen profil pelajar pancasila memiliki kesesuaian dengan visi kabupaten Sambas, dengan komponen elemennya meliputi Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif.

Ia menjelaskan, Festival Literasi dibuka Bupati Sambas melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Eko Susanto, yang dihadiri Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sambas Anwari, Bunda Literasi Kabupaten Sambas Yunisa Satono, serta Kepala OPD Kabupaten Sambas.

BACA JUGA:  Gubernur dan Wabup Rofi Hadiri Wisuda 375 Mahasiswa Poltesa

Seno sapaan akrab Kadisdikbud berharap Festival Literasi dapat meningkatkan literasi guru dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila dan meningkatkan kemampuan guru melakukan sebuah riset di sekolah.

“Melalui festival ini diharapkan guru memiliki budaya literasi, dan menghasilkan karya tulis ilmiah, sehingga proses pembelajaran di kelas semakin baik, dan hasil belajar peserta didik mengalami kemajuan yang meningkat,” harapnya.

Festival Literasi yang di gelar secara Luring tersebut dihadiri Kepala BBGP Jawa Barat yang diwakili Kapokja Guru Penggerak Jawa Barat Asep Agus Sulaeman secara Daring.

Dalam sambutannya, Asep Agus Sulaeman menyampaikan, Festival Literasi bertujuan meningkatkan kemampuan diri, mengembangkan literasi dan melakukan riset penelitian karya ilmiah.

Bunda Literasi Kabupaten Sambas Yunisa Satono menyampaikan, bahwa guru merupakan agen perubahan dan pemimpin pendidikan dimasa mendatang, dan tidak berhenti untuk belajar dan berkarya.

BACA JUGA:  MAN IC Sambas Buka SNPDB Tahun 2024-2025

“Guru harus mandiri dan menciptakan pembelajaran yang berpihak kepada murid, oleh karenanya, melalui festival literasi ini diharapkan guru dapat mengembangkan karya inovasi pembelajaran,” harapnya.

Kegiatan Festival Literasi yang di gelar Disdikbud Kabupaten Sambas secara Luring pada tanggal 13-15 September 2022 di Hotel Pantura Jaya Kabupaten Sambas.

Dalam festival tersebut, juga dilakukan diskusi panel dengan menghadirkan 2 Panelis, diantaranya Kadisdikbud Kabupaten Sambas tentang Profil dan Kebijakan Pendidikan di Kabupaten Sambas, serta Kepala BGP Kalbar Wasimin dengan presentasinya tentang Paradigma Perubahan Kurikulum Merdeka.

Selain itu, juga dilakukan pendampingan kepada 70 guru se Kabupaten Sambas, diantaranya Guru TK 1 orang, Guru SD 15 orang, Guru SMP 44 orang, Guru SMA 8 orang dan Guru SMK 2 orang.

Srlain itu, festival tersebut juga melibatkan Komunitas Guru Penggerak (KGP) angkatan 2 Kabupaten Sambas yang berperan sebagai pelatih peserta, memotivasi dan berkolaborasi selama proses pelaksanaan kegiatan. (edo)

Share :

Baca Juga

Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi

Pemerintahan

Wabup Rofi Silaturahmi Bersama Pelajar Pemangkat dan Selakau
Arnadi memperlihatkan surat pemilihan, Senin (22/8/2022) di Ruang Pascasarjana IAIS Sambas.

Pendidikan

Arnadi Terpilih Rektor IAIS Sambas
Pengurus Kwarcab Pramuka Kabupaten Sambas foto bersama usai Halal Bihalal

Pendidikan

Kwarcab Sambas Gelar Halal Bihalal Pramuka di MAN IC
Kondisi dek sekolah SMPN 3 Tekarang yang rusak

Pemerintahan

DPRD Sambas Prihatin Masih Ada Bangunan Sekolah Yang Rusak
Mahasiswa Kabupaten Sambas menggalang dana bantuan banjir Kabupaten Sambas

Pendidikan

Banjir Belum Surut, Mahasiswa Sambas Galang Dana

Pendidikan

Menteri KP Wisuda Anak Nelayan Jawai
Direktur Poltesa Yuliansyah menyampaikan Pentingnya deklarasi Gertakan Ayo Peduli Poltesa

Pendidikan

Direktur Poltesa Pimpin Deklarasi PPKS Lingkungan Kampus
Wakil Ketua DPRD Sambas Ir H Prabasa Anantatur MH melakukan monitoring penerimaan siswa baru di SMAN 1 Sambas.

Pendidikan

Prabasa Monitoring Pendaftaran Siswa Baru ke SMA 1 Sambas
error: Content is protected !!