Home / Pemerintahan

Kamis, 20 Oktober 2022 - 13:50 WIB

Manfaatkan Potensi Berbagai Komoditas Wilayah Perbatasan

Sekda Sambas Ir H Ferry Madagaskar MSi foto bersama peserta seminar BMF, Kamis (20/10/2022) di Aula Utama Kantor Bupati Sambas.

Sekda Sambas Ir H Ferry Madagaskar MSi foto bersama peserta seminar BMF, Kamis (20/10/2022) di Aula Utama Kantor Bupati Sambas.

Sambas Times. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mendukung kegiatan Forum Pertemuan Bisnis yang di gelar Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Republik Indonesia di Kabupaten Sambas.

Sekda Sambas Ferry Madagaskar saat membacakan sambutan Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan komoditas wilayah perbatasan negara sangat berpotensi dipasarkan ke negara tetangga yakni Malaysia.

Menurutnya, percepatan pembangunan kawasan perbatasan merupakan komitmen pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat.

“Komitmen pemerintah pusat tercermin dalam nawacita ketiga Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa,” ujarnya.

BACA JUGA:  Ibunda Subhan Nur Wafat, Ratusan Pelayat Antar ke Pemakaman

Ia menjelaskan, dukungan Pemprov Kalbar sudah tertuang dalam RPJMD Kalbar tahun 2018-2023, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan melalui percepatan pembangunan infrastruktur dan peningkatan tata kelola pemerintah yang berkualitas.

“Kegiatan pembangunan ekonomi kawasan perbatasan telah banyak dilakukan, dengan berbagai skema seperti Kawasan Sentra Produksi dan Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu,” jelasnya.

Hal tersebut, lanjut dia, sesuai dengan arah kebijakan pembangunan nasional agar wilayah perbatasan negara dapat dimanfaatkan sebagai pintu gerbang aktifitas ekonomi dan perdagangan antar negara.

Menurutnya, salah satu sektor pertanian komoditas unggulan di Kalimantan Barat adalah sawit, Kelapa, Pinang, Lada, Pasta Durian, Sarang Walet, Tanaman Hias, Tepung Tapioka dan lainnya.

BACA JUGA:  Komisi IV DPRD Kalbar Tinjau Pekerjaan Fisik Kabupaten Sambas

“Beberapa komoditas itu telah di ekspor ke 30 negara, sebagai pintu gerbang internasional, PLBN Aruk yang berada di Kabupaten Sambas di resmikan tahun 2017 lalu, dengan menangani kegiatan pelintas barang perdagangan ekspor terhadap berbagai komoditas,” terangnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat lebih meningkatkan pertumbuhan produk dalam negeri, yang lebih utama dari UMKM, memperluas jaringan pasar produk unggulab Kabupaten Sambas kedaerah lain maupun tetangga. (jyn)

Share :

Baca Juga

Nandes Juru Bicara Fraksi PAN menyampaikannya PU Fraksi di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Sambas.

Pemerintahan

Fraksi PAN Dorong Pemda Benahi Aset Daerah
Dandim 1208 Sambas Letkol Inf Dadang Armada Sari bersama Forkopimcam dan masyarakat Selakau Timur foto bersama.

Pemerintahan

Kunker ke Koramil 06 Selakau, Dandim Silaturahmi Dengan Warga
Dandim 1208 Sambas

Pemerintahan

Dandim 1208 Sambas Resmikan Rehap RTLH Desa Lubuk Dagang
DPPKH Kabupaten Sambas sosialisasi bersama Nelayan Temajuk

Pemerintahan

DPPKH Sosialisasi Undang-undang Perikanan di Temajuk
Bupati Sambas Satono beserta jajaran bersalaman bersama ASN dan Tenaga Honorer dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas.

Pemerintahan

Pemda Sambas Gelar Apel Gabungan Usai Libur Idul Fitri
Bupati Sambas Satono

Pemerintahan

Bupati Satono Ikuti Jalan Sehat Prabowo Subianto
Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi

Kesehatan

Wabup Rofi Apresiasi Mahasiswa IAIS Peduli Stunting
Penyuluhan pertanian kegiatan non fisik TMMD Imbangan ke-115 di Desa Lumbang, Kecamatan Sambas

Pemerintahan

Kodim 1208 Sambas Laksanakan Penyuluhan Pertanian
error: Content is protected !!