Home / Pemerintahan

Kamis, 20 Oktober 2022 - 13:50 WIB

Manfaatkan Potensi Berbagai Komoditas Wilayah Perbatasan

Sekda Sambas Ir H Ferry Madagaskar MSi foto bersama peserta seminar BMF, Kamis (20/10/2022) di Aula Utama Kantor Bupati Sambas.

Sekda Sambas Ir H Ferry Madagaskar MSi foto bersama peserta seminar BMF, Kamis (20/10/2022) di Aula Utama Kantor Bupati Sambas.

Sambas Times. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mendukung kegiatan Forum Pertemuan Bisnis yang di gelar Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Republik Indonesia di Kabupaten Sambas.

Sekda Sambas Ferry Madagaskar saat membacakan sambutan Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan komoditas wilayah perbatasan negara sangat berpotensi dipasarkan ke negara tetangga yakni Malaysia.

Menurutnya, percepatan pembangunan kawasan perbatasan merupakan komitmen pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat.

“Komitmen pemerintah pusat tercermin dalam nawacita ketiga Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa,” ujarnya.

BACA JUGA:  Satono Salurkan Bantuan Beras 1 Ton di Kecamatan Selakau

Ia menjelaskan, dukungan Pemprov Kalbar sudah tertuang dalam RPJMD Kalbar tahun 2018-2023, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan melalui percepatan pembangunan infrastruktur dan peningkatan tata kelola pemerintah yang berkualitas.

“Kegiatan pembangunan ekonomi kawasan perbatasan telah banyak dilakukan, dengan berbagai skema seperti Kawasan Sentra Produksi dan Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu,” jelasnya.

Hal tersebut, lanjut dia, sesuai dengan arah kebijakan pembangunan nasional agar wilayah perbatasan negara dapat dimanfaatkan sebagai pintu gerbang aktifitas ekonomi dan perdagangan antar negara.

Menurutnya, salah satu sektor pertanian komoditas unggulan di Kalimantan Barat adalah sawit, Kelapa, Pinang, Lada, Pasta Durian, Sarang Walet, Tanaman Hias, Tepung Tapioka dan lainnya.

BACA JUGA:  Pansus PJU DPRD Sambas Kunker ke Dishub Kota Pontianak

“Beberapa komoditas itu telah di ekspor ke 30 negara, sebagai pintu gerbang internasional, PLBN Aruk yang berada di Kabupaten Sambas di resmikan tahun 2017 lalu, dengan menangani kegiatan pelintas barang perdagangan ekspor terhadap berbagai komoditas,” terangnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat lebih meningkatkan pertumbuhan produk dalam negeri, yang lebih utama dari UMKM, memperluas jaringan pasar produk unggulab Kabupaten Sambas kedaerah lain maupun tetangga. (jyn)

Share :

Baca Juga

Bupati Sambas Satono

Pemerintahan

Bupati Sampaikan Nota Keuangan Penjelasan Raperda APBD TA 2024
Ketua DPRD Sambas bersama Bupati Sambas menerima LHP LKPD TA 2022 dari BPK RI Perwakilan Kalbar

Pemerintahan

Kembali Raih WTP, Ketua DPRD Apresiasi Pemda Sambas
Kepala Desa Jawai Laut, Kecamatan Jawai Sudarni menerima tropi dan penghargaan dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Republik Indonesia. Selasa, (15/8/2023) kemaren.

Pemerintahan

Desa Jawai Laut Juara II Lomba Desa Tingkat Nasional
Subhan Nur berdiskusi pembangunan kawasan Kabupaten Sambas.

Pemerintahan

Subhan Minta Pemda Benahi Kawasan Wisata dan Pasar
Anggota Dprd Sambas Bui Kiong

Pemerintahan

Bui Kiong Hadiri RKPDes Sempalai
Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi

Pemerintahan

Wabup Rofi Berharap Kalbar Makin Jaya
Bupati Sambas Satono pada peringatan HUT RI ke-77 di Halaman Kantor Bupati Sambas

Pemerintahan

Bupati Satono Undang Rajili di Malam Kenegaraan
Bupati Sambas Satono bersama pimpinan DPRD mengantar keberangkatan CJH Kabupaten Sambas dari Embarkasi Batam, Sabtu (17/6/2023).

Pemerintahan

Bupati Ingatkan Jamaah Ikuti Arahan Petugas Pendamping Haji
error: Content is protected !!