Home / Info Border

Senin, 21 November 2022 - 17:15 WIB

Pemda Sambas dan BNPP Gelar FGD Pengembangan Inovasi Bisnis Perbatasan

Pemerintah Kabupaten Sambas bersama BNPP menggelar FGD Pengembangan Inovasi Bisnis di Wilayah Perbatasan, Senin (21/11/2022).

Pemerintah Kabupaten Sambas bersama BNPP menggelar FGD Pengembangan Inovasi Bisnis di Wilayah Perbatasan, Senin (21/11/2022).

Sambas Times. Pemerintah Kabupaten Sambas bersama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menggelar Focus Group Discussion dalam Pengembangan Inovasi Bisnis di Wilayah Perbatasan, Senin (21/11/2022).

Pengembangan inovasi berupa Laboratorium lapangan pada kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia, yang menumpukan di Desa Temajuk Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

“Kami sangat mendukung laboratorium lapangan perbatasan ini guna meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Sekda Sambas Ferry Madagaskar.

Perwakilan Forum perguruan tinggi perbatasan (Fopertas), Prof Suratman dari Universitas Gajah Mada mengatakan. Laboratorium ini upaya dari 12 guru besar untuk membentuk New Borneo.

BACA JUGA:  Pesona Wisata di Pantai Bayuan Sambil Menikmati Kepiting

“Laboratorium ini lahir karena dorongan 12 guru besar, New Borneo adalah lahirnya Borneo baru untuk menyongsong Indonesia Baru. Kalau dulu kipasnya dari Jawa, sekarang dari Kalimantan,” ujarnya.

Suratman menambahkan, banyaknya keunggulan Temajuk dari berbagai sisi menjadikan Temajuk lirik dunia luar, dengan potensi wisata yang cukup tinggi.

“Borneo ini kekayaannya luar biasa, kondisi alam dan sosial budaya masih lestari dan memiliki potensi Border Edu Ecotourism. Serta dapat menjadi unggulan kawasan inovatif produktif berskala dunia,” ungkapnya.

Dr Elyta, dari Universitas Tanjungpura menyampaikan letak geografis Kabupaten Sambas memiliki keunikan yang sangat menarik. Dengan dua perbatasan negara yaitu Aruk dan Temajuk

BACA JUGA:  Nama Kapolsek Teluk Keramat Dicatut Pinjam Uang

“Kami sudah melalukan survei dan menjadikan Temajuk sebagai Role Model, atau Pilot Projek untuk percepatan pembangunan perbatasan,” jelasnya.

Dengan potensi pariwisata, yang sangat luar biasa, ia mengaku bangga dengan keindahan dari destinasi di Temajuk. Seperti bebatuan, potensi alam serta sosial budaya.

Laboratorium Lapangan perbatasan ini memiliki visi, terwujudnya kawasan laboratorium lapangan perbatasan berkelas dunia yang inovatif, kreatif, aman, lestari dan berkelanjutan. (Dra)

Share :

Baca Juga

Rapat koordinasi MPTB IV

Info Border

Rekor MURI Segera Pecah di Jagoi Babang
Subhan Nur Anggota DPRD Propinsi

Info Border

Subhan Dukung Pemuda Pancasila Gelar Kegiatan di Perbatasan NKRI
Bupati Sambas Satono

Info Border

Satono Sampaikan Potensi Daerah Pada Acara Ombudsman di PLBN Aruk
Politeknik Negeri Sambas

Info Border

Poltesa dan Pemda Suport UMKM Sambas Ikut Festival Taste Of Asia
Mobil Tangki hampir terbalik karena terperosok dijalan rusak Sajingan-Temajuk akibat longsor

Info Border

Jalan Sajingan-Temajuk Belum Diperbaiki, Mobil Tangki Hampir Terbalik
Plh Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Dr Tumpak Haposan Simanjuntak MA

Info Border

Tingkatkan Produk UMKM melalui Forum Pertemuan Bisnis
Staf Khusus Kemendagri Prof Muchlis Hamdi menggunakan Pakaian Adat Melayu pimpin Upacara HUT RI ke-78 di PLBN Aruk,

Info Border

Staf Khusus Kemendagri Irup HUT RI ke-78 di PLBN Aruk
Wakil DPRD Sambas Ferdinan Syolihin

Info Border

DPRD Dukung Opster TNI di Desa Santaban
error: Content is protected !!