Home / Pendidikan

Senin, 29 Agustus 2022 - 11:56 WIB

Poltesa Ikut Internasional Tourism and Hospitality Network 2022

Nur Astri Fatihah Dosen 
Poltesa saat mengikuti International Tourism and Hospitality Network (ITHN) 2022 yang dilakukan secara virtual.

Nur Astri Fatihah Dosen Poltesa saat mengikuti International Tourism and Hospitality Network (ITHN) 2022 yang dilakukan secara virtual.

Sambas Times. Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) berpartisipasi mengikuti International Tourism and Hospitality Network (ITHN) 2022 yang digelar secara virtual Langkawi Tourism Academy@Kolej Komuniti Langkawi 25 Agustus 2022 lalu.

Kegiatan yang diselenggarakan Langkawi Tourism Academy@Kolej Komuniti Langkawi ini bertema Embracing Digitalization of TVET in Higher Education yang dibagi dalam tiga sesi, dan Poltesa menjadi panelis pada setiap sesi tersebut.

Sesi pertama, Rian Adi Wijatmiko Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata, dengan moderator Dr. Umawathy A/P Techanamurthy
berbagi tentang pengalamannya terkait pembelajaran berbasis digital di bidang pariwisata.

“Tantangan terbesarnya dalam pembelajaran digital adalah sikap terhadap proses belajar dan manajemen waktu serta komunikasi, sehingga pembelajaran digital mesti imbang dengan pembelajaran praktik di kampus,” ujar Rian.

Dosen sekaligus Koordinator Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata, Nur Astri Fatihah selaku panelis sesi kedua Digitalization of TVET in Higher Education and Its Impact on Classroom Instrument menjelaskan tentang proses aspek penting agar pembelajaran digital efektif.

BACA JUGA:  Poltesa Gelar Bimtek dan Pendampingan Pengenalan Sistem Manajemen Mutu ISO

Dalam paparannya, Nur Astri Fatihan menekankan pentingnya pembelajaran yang tangguh (Resilient) dan kolaborasi internal kampus maupun dengan pihak luar kampus agar proses pembelajaran memberikan hasil yang lebih bermakna terutama bagi mahasiswa.

Menyikapi hal tersebut, Dr. Umawathy sebagai moderator mengapresiasi bentuk pembelajaran berbasis masalah, seperti festival permainan tradisional yang diadakan mahasiswa Poltesa.

“Masalah yang bisa diselesaikan oleh perguruan tinggi vokasi tidak saha harus persoalan yang rumit, dengan mengenalkan permainan tradisional saja sudah bisa memberikan impact yang powerful,” ujar Moderator IHTN ini mengapresiasi.

Pada sesi Ketiga, Wakil Direktur II Poltesa, Andiyono memaparkan tentang kesiapan Poltesa menjadi Smart Campus. ia menyampaikan bahwa dalam tiga tahun terakhir tim IT Poltesa sudah mengembangkan platform untuk pembelajaran digitalnya sendiri.

“Dalam dua tahun ke depan Poltesa akan fokus pada Upgrading serta Retooling Skill dan kompetensi para dosen agar mampu mendukung era pembelajaran digital,” ujarnya.

Direktur Poltesa, Yuliansyah memberikan apresiasi ITHN 2022 yang digelar Langkawi Tourism Academy@Kolej Komuniti Langkawi, menurutnya, kegiatan ini sangat luar biasa, dan pariwisata saat ini menjadi salah satu faktor penting pendukung perekonomian dunia.

BACA JUGA:  Fraksi PDI-P Ingatkan Pemda Bukan Sekedar Menaikkan atau Menurunkan APBD

“Ini kegiatan yang luar biasa, tentu ini menjadi perhatian kita bersama, bagaimana kita di perguruan tinggi vokasi dapat menciptakan inovasi pembelajaran, baik pembelajaran konvensional, maupun pembelajaran digital yang kita rancang sesuai dengan kebutuhan industri,” jelasnya.

Atas nama Poltesa, Yuliansyah mengucapkan terimakasih kepada Langkawi Tourism Academy@Kolej Komuniti Langkawi yang telah melibatkan Poltesa dalam kegiatan ini.

“Kita berharga kedepan kerjasama antara Poltesa dan Langkawi Tourism Academy@Kolej Komuniti Langkawi dapat terus terjalin, tentunya melalui program-program edukasi yang bermanfaat bagi orang banyak,” ucapnya.

Selain Poltesa, kegiatan webinar internasional ini juga diisi panelis dari Malaysia, Filipina, dan Thailand, dan setiap panelis berbagi perspektif, pengalaman, dan kesiapan perguruan tinggi vokasi ASEAN bidang pariwisata dan hospitality dalam pembelajaran digital. (edo)

Share :

Baca Juga

Pengurus KMKS Kabupaten Sambas.

Pendidikan

KMKS Sayangkan Lambatnya Pengurusan Administrasi Disdukcapil
SD Pusaka Nusantara Sambas

Pendidikan

SD Pusaka Nusantara Sambas Siap jadi Sekolah Internasional
Bimtek Supervisi Aplikasi Aksi Tuan Kalbar yang diikuti KKG dan K3S Kecamatan Tebas

Pendidikan

Kelompok Kerja Guru dan Kepsek Tebas Gelar Bimtek Supervisi
Kadisdikbud Kabupaten Sambas Samekto Hadi Suseno menyerahkan penghargaan kepada CGP

Pendidikan

Pendidikan Salah Satu Pilar Menuju Sambas Berkemajuan
Brosur penerimaan siswa baru Ponpes

Pendidikan

Ponpes Lukmanul Hakim Jawai Buka Penerimaan Peserta Didik Baru
Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi menyerahkan penghargaan pada Raimuna Cabang IV dan Jota Joti

Pendidikan

Wabup Sambas Buka Raimuna Cabang IV dan Jota Joti 2023
Pihak Poltekkes Kemenkes Pontianak foto bersama Bupati Sambas Satono

Pendidikan

Poltekkes Pontianak Laksanakan KKN di Kabupaten Sambas
Direktur Poltesa Yuliansyah membuka FGD Horizon Scanning bersama Tiga Politkenik di Kalbar

Pendidikan

Tiga Politeknik Negeri Kalbar Gandeng Dunia Usaha Gelar FGD Horizon Scanning
error: Content is protected !!