Home / Pemerintahan

Jumat, 2 Desember 2022 - 12:08 WIB

Wabup Rofi Sambut Kunker Irjen Pertanian di Sambas

Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi menyampaikan sambutan pada kunjungan Irjen Kementan RI, Jumat (2/12/2022) di Aula Utama Kantor Bupati Sambas.

Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi menyampaikan sambutan pada kunjungan Irjen Kementan RI, Jumat (2/12/2022) di Aula Utama Kantor Bupati Sambas.

Sambas Times. Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi menyambut kehadiran Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Dr Jan Samuel Maringka SH MH di Kabupaten Sambas.

Ketibaan Irjen Kementan RI beserta rombongan, dan Anggota Komisi IV DPR RI Maria Lestari di Kabupaten Sambas dalam agenda. Mengawal ketahanan pangan untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Kabupaten Sambas.

Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Irjen Kementan beserta rombongan. Serta menyambut baik Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Sambas.

“Kabupaten Sambas berbatasan dengan Negara Malaysia, luas wilayah 6.394,70 KM2, dengan jumlah penduduk 629.905 jiwa. Terdiri dari 195 desa dan 19 kecamatan,” kata Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi menjelaskan.

Wabup menyampaikan, Kabupaten Sambas memiliki potensi besae bidang pertanian, dan Sambas kenal dengan Lumbung Padi Kalbar. Dan memberikan kontribusi produksi padi sebesar 25 persen dari produksi Kalbar, dan salah satu sentra pengembangan Jeruk di Indonesia.

BACA JUGA:  Ramzi dan Anwari Dukung Lomba Mancing Udang Desa Saing Rambi

“Untuk mengantisipasi ketahanan pangan, Pemda Sambas bersama Dandim 1208 Sambas telah memberikan pelatih pengolahan pupuk organik kepada kelompok tani, sehingga petani bisa meningkatkan produktivitasnya,” ucap Wakil Bupati Sambas.

Anggota Komisi IV DPR RI Maria Lestari mengapresiasi langkah Pemda Sambas dan Dandim memberikan pelatihan pupuk kepada petani. Karena Kabupaten Sambas memiliki potensi unggulan yang sangat banyak, baik perikanan dan peternakan.

“Komisi IV DPR RI mendorong percepatan produksi dari sektor pertanian di Kalimantan Barat, khususnya Kabupaten Sambas yang banyak memiliki potensi unggulan,” ujar Politisi PDI Perjuangan ini semangat.

Selain itu, Maria mengungkapkan Kabupaten Sambas dikenal dengan berasnya, sehingga harus di dorong, seperti meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kekompok Tani. Serta bantuan pupuk dan Alsintan yang tepat sasaran.

BACA JUGA:  Sensasi Mencari Kepah dan Kunau di Pantai Bayuan Temajuk
Kementerian Pertanian

Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Dr Jan Samuel Maringka mengapresiasi Pemda Sambas bersama Forkopimda yang ikut andil dalam meningkatkan pertanian di kabupaten Sambas, berupa pupuk organik.

“Saya mengapresiasi Forkopimda yang turut mendorong dunia pertanian sehingga harapan program pertanian bisa tepat waktu dan tepat sasaran,”

Jan Samuel Maringka mengungkapkan, impian Indonesia pada tahun 2025 mendatang adalah sebagai lumbung dunia yang perlu wujud bersama.

Irjen Kementan bersama Wakil Bupati Sambas dan Forkopimda foto bersama, Jumat (2/12/2022)

“Impian kita sebagai lumbung pangan dunia, tidak bisa dilakukan sendiri. mari kita sama-sama mewujudkan,” ajak Irjen Kementan RI.

Dalam kegiatan tersebut digelar Dialog Jaga Pangan dengan tema “Potensi Komoditas Pertanian Unggulan Kabupaten Sambas Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan di Wilayah Perbatasan”. (edo)

Share :

Baca Juga

Marjuni Kepala BPBD Kabupaten Sambas.

Pemerintahan

Curah Hujan Tinggi, BPBD Imbau Waspada Banjir
Suasana Rakor Pelaksanaan TMMD ke-116 yang dibuka Dandim 1208 Sambas Letkol Inf Dadang Armada Sari diruang Asisten III Setda Sambas.

Pemerintahan

Kodim dan Pemda Sambas Rakor Pelaksanaan TMMD Reg Tas ke-116
Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi (PPE) Bappeda Kabupaten Sambas An Am Alhamzi selaku ketua pelaksana

Pemerintahan

Bappeda Harap Penyusunan Dua Dokumen Musrenbang Komprehensif
Komisi I DPRD Sambas mendengarkan penjelasan pejabat Biro Pemerintahan Setda Kalbar

Pemerintahan

DPRD Sambas Dorong Penyelesaian Batas Daerah Sambas – Bengkayang
Bupati Sambas Satono

Pemerintahan

Bupati Sampaikan Tanggapan Raperda Penyelenggaraan Kearsipan
Suasana Kunjungan kerja lintas Komisi DPRD Sambas ke BPJN XX Kalbar di Pontianak

Pemerintahan

Konsultasi Jalan Nasional, DPRD Sambas Kunker ke BPJN XX Kalbar
Anggota DPRD Sambas Mardani

Pemerintahan

Mardani Serap Aspirasi Warga Senipahan Terkiat Akses Jalan
Sosialisasi Legalitas Usaha dan Akses Pembiayaan Usaha Mikro yang digelar Diskumindag di Kecamatan Sambas

Pemerintahan

Diskumindag Sosialisasi Legalitas Usaha dan Akses Pembiayaan Usaha Mikro
error: Content is protected !!