Home / Pemerintahan

Selasa, 8 November 2022 - 15:13 WIB

DPRD Terima Aspirasi Perwakilan Nelayan Kecamatan Selakau

Wakil Ketua DPRD Sambas Ir H Arifidiar MH bersama Komisi II DPRD Sambas menerima aspirasi perwakilan Nelayan Selakau, Selasa (8/11/2022).

Wakil Ketua DPRD Sambas Ir H Arifidiar MH bersama Komisi II DPRD Sambas menerima aspirasi perwakilan Nelayan Selakau, Selasa (8/11/2022).

Sambas Times. DPRD Kabupaten Sambas menerima perwakilan Nelayan Kecamatan Selakau yang menyampaikan aspirasinya ke DPRD Kabupaten Sambas, Selasa (8/11/2022).

Wakil Ketua II DPRD, Ir H Arifidiar MH menerima perwakilan nelayan tersebut. Turut hadir Ketua Komisi II Melani Astuti, Wakil Ketua Komisi II Erwin Johana SH. Sekretaris Komisi II Winardi SE, Anggota Komisi II H Bahidin SH dan Harni Indriyani.

Perwakilan nelayan tersebut menyampaikan aspirasinya kepada wakil rakyat, terutama permasalahan nelayan yang terjadi di Kecamatan Selakau.

Mereka juga mengajukan permohonan pencabutan laporan yang telah masuk ranah aparat penegak hukum. Terkait permasalahan nelayan agar tidak di proses lebih lanjut.

Selain itu, warga meminta kepastian tindak lanjut dari kesepakatan bersama hasil rapat dengar pendapat DPRD beberapa waktu lalu di awal Oktober 2022.

BACA JUGA:  PCNU Sambas Gelar Konfercab V, Ini Harapan PPP Sambas

Kesepakatan pertama, penerima solar bersubsidi hanya untuk kapal ukurannya maksimum 30 GT. Melaporkan kapal berukuran di atas 30 GT jika ketahuan menggunakan solar bersubsidi dan penerapan sanksi sesuai perundangan yang berlaku.

Kedua, mengenai proses perizinan Kapal Penampung dan Pengangkut di tingkat pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Ketiga, Selama SPBUN di Selakau belum ada, maka nelayan di Selakau bisa membeli solar bersubsidi di SPBU Desa Sungai Rusa.

Dan dari Pertamina menyisihkan 16.000 liter solar bersubsidi untuk nelayan perbulan, terkhusus bagi nelayan yang mendapat rekomendasi dari Dinas Perikanan.

Kesepakatan poin keempat, Kapal Cantrang boleh beroperasi, akan tetapi menurut peraturan antara kapal pengangkut dan kapal penampung harus dari perusahaan yang sama.

BACA JUGA:  Rakor TPPS, P3AP2KB Beberkan Kondisi Stunting Kabupaten Sambas

Khusus tempat bongkar muat yang telah ditentukan, dan apabila untuk kapal Pengangkut dan Penampung yang tidak dalam satu perusahaan, tidak boleh beroperasi dan dapat diproses secara hukum yang berlaku.

Point kelima, yakni permohonan menambah kembali ketersediaan Kuota BBM Solar Bersubsidi untuk Nelayan Kecamatan Selakau.

Wakil Ketua DPRD Sambas Ir H Arifidiar MH menyambut baik aspirasi warga nelayan Kecamatan Selakau ke DPRD Sambas. Ia bersama Komisi II DPRD Sambas tentu menyikapi aspirasi yang di sampaikan.

“Ya, hari ini kita menerima aspirasi nelayan Kecamatan Selakau. Kehadiran mereka menyampaikan aspirasi terkait permasalahan para nelayan,” ujar Wakil Ketua II DPRD Arifidiar. (edo)

Share :

Baca Juga

Irjen Kementan RI Dr Jan Samuel Maringka SH MH memberikan motivasi kepada Kelompok Tani

Pemerintahan

Kawal Ketahanan Pangan, Irjen Kementan RI Kunjungi Sambas
Bupati Sambas Satono

Pemerintahan

Bupati Ucapkan Syukur Gerbang Sambas Singkawang Diresmikan
Bupati Sambas Satono

Pemerintahan

Bupati Bangga TNI Semakin Dekat Dengan Rakyat
Fitri Sholikah Kepala Puskesmas Semparuk foto bersama Rajili sekeluarga dan Camat Semparuk.

Pemerintahan

Rajili Pelajar Pemanjat Tiang Bendera, Ternyata Anggota Tim Kesehatan Bhakti Husada
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurahman menerima penghargaan dari Kades Temajuk Agil Hermansyah

Pemerintahan

Maman dan Prabasa Hadiri HUT Desa Temajuk ke-21
Subhan Nur berdiskusi pembangunan kawasan Kabupaten Sambas.

Pemerintahan

Subhan Minta Pemda Benahi Kawasan Wisata dan Pasar
Kegiatan Kampanye Makan Sayur dan Buah yang digelar Dinas Pertanian dan PKK Kabupaten Sambas

Pemerintahan

Bupati Satono Buka Kampanye Makan Sayur dan Buah
Ketua DPRD Sambas Abu Bakar

Pemerintahan

Ketua DPRD Sambas Dukung Perkemahan Pramuka di Tangaran
error: Content is protected !!