Home / Kesehatan / Pemerintahan

Jumat, 5 Agustus 2022 - 15:50 WIB

Teluk Keramat Mulai Lakukan Vaksinasi PMK

Proses Vaksinasi PMK pada hewan yang dilakukan Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas, Jumat (5/8/2022).

Proses Vaksinasi PMK pada hewan yang dilakukan Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas, Jumat (5/8/2022).

Sambas Times. Dinas Perikan, Peternakan dan Kesehatan Hewan mulai melakukan Vaksinasi Penyakit Kulit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Sambas dimulai.

Sebelum mulai vaksinasi PMK, Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan menggelar sosialisasi di Balai Pertemuan Desa Sungai Serabek. Kecamatan Teluk Keramat, Jumat (5/8/2022).

Hadir Sosialisasi pihak Kejari Sambas, Kabag Ops Polres Sambas, Camat Teluk Keramat, Camat Tangaran, Camat Paloh, Kapolsek Teluk Keramat, Pemerintah Desa Sungai Serabek, dan Kordinator Penyuluhan Pertanian Kecamatan Teluk Keramat.

“Kegiatan vaksinasi PMK ini digelar bersama Forkopimda dan Forkopimcam, sasaran pertama di Desa Sungai Serabek, Kecamatan Teluk Keramat,”. Kata Makbullah Kabid Kesehatan Hewan.

Makbullah menjelaskan, PMK merupakan kasus serius yang harus sama sama menanganinya, dan ini sesuai arahan langsung dari Presiden Republik Indonesia untuk penanganannya.

BACA JUGA:  Tim Udak Pulau Indah 1 Juara Lomba Sampan Bidar Desa Saing Rambi

“Virus ini rentan menyerang hewan yang memiliki kuku belah. Gejala yang terlihat biasanya pada kuku, mulut dan gusi, demam, penurunan berat badan drastis, dan sering duduk karena imunitas menurun,” ujarnya.

Ia mengungkapkan dalam kegiatan ini akan melakukan vaksinasi PMK sebanyak 100 dosis.” Untuk hari ini, kita akan melakukan vaksin sebanyak 100 dosis,” jelasnya.

Kabag Ops Polres Sambas, Kompol Dahomi Baleo Siregar menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka penanganan PMK di wilayah Kabupaten Sambas.

“Kami dari pihak Kepolisian siap membantu dan sudah membuat tim Satgas dalam pelaksanaan penanganan PMK,” terangnya.

Ia berharap dengan pelaksanaan vaksinasi perdana ini, bisa meningkatkan kesehatan hewan ternak di Kabupaten Sambas.

Sementara pihak dari Kajari Sambas, Dudy Ritoko mengatakan, adanya kasus PMK ini tentu menjadi perhatian khusus pemerintahan. Supaya penanganan bisa secara intens.

BACA JUGA:  Mendag RI Zulkifli Hasan Kunjungi Sambas, Ini¬†Agendanya

“Penurunan angka hewan ternak yang sakit merupakan gambaran keberhasilan segala unsur terkait dalam melakukan penanganan PMK. Semoga tidak ada lagi kasus baru yang muncul,” tuturnya.

Kapolsek Teluk Keramat

Kapolsek Teluk Keramat, IPDA Eko Zaenudin mengungkapkan pihaknya dari polsek Teluk Keramat akan terus mengawal proses vaksinasi PMK di wilayah hukumnya.

“Kegiatan ini lakukan agar masyarakat baik umum, pedagang maupun peternak bisa lebih waspada dan selalu menjaga kesehatan hewan ternaknya. Meskipun tidak menular kepada manusia tetap harus berhati-hati dengan wabah PMK ini,” jelasnya.

Ia mengajak semua pihak untuk bersinergi dan mendukung penuh dalam penanganan PMK di Kecamatan Teluk Keramat.

“Agar penanganan Vaksinasi PMK bisa berjalan lancar, semua pihak bisa bersinergi bersama-sama dalam mendukung vaksinasi ini,” harapnya. (jyn)

Share :

Baca Juga

Pelatihan bersama Basarnas, Lanud Sanggau Ledo dan Bakamla, Rabu (6/9/2023) di Pos Basarnas Sintete Kecamatan Semparuk.

Pemerintahan

Basarnas, Lanud Sanggau Ledo dan Bakamla Mentapkan Potensi SAR
DPRD Kabupaten Sambas

Pemerintahan

DPRD Beri Ruang Ormas Berperan Aktif Dalam Pengelola Barang Jasa
Ketua DPRD Kabupaten Sambas Abu Bakar

Pemerintahan

DPRD Terima Audensi PP Masjid 1001 dan YSRM
Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi

Kesehatan

BNN Kalbar Gelar Bimtek Penggiat P4GN di Sambas
Musrenbangdes

Pemerintahan

Jalan Menuju SMKN 1 Tebas Jadi Usulan Prioritas Desa
Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi

Kesehatan

Wabup Rofi Ajak Stakeholder Sinergis Atasi Stunting
DPRD Kabupaten Sambas saat Kunker ke Dishub Kalbar

Pemerintahan

Dishub Sambas Perlu Tambah Petugas KIR
Kondisi Jalan di Dusun Jeruju Utara memprihatinkan

Pemerintahan

Warga Jeruju Paloh Keluhkan Jalan Rusak
error: Content is protected !!